Pola ini digunakan ketika melakukan suatu perbuatan (V2) yang tujuannya untuk mewujudkan kondisi yang diharapkan yang ditunjukkan oleh V1. V1banyak menggunakan verba bentuk kemungkinan atau verba yang tergolong non volisional. Namun apabila dalam bentuk V1ない yang digunakan, makna makna yang terkandung didalamnya tidak terkait dengan jenis verbanya, apakah itu verba volisional ataupun verba non volisional .
じゅぎょうに間に合うように、教室まで走って行きました。
Agar dapat kuliah tepat waktu, sampai kelas saya berlari.
帰ってすぐねられるように、へやにふとんをしいておきました。
Agar pulang bisa langsung tidur, saya telah menggelar futon di kamar.
シャツがかわくように、火のそばへ持って行きました。
Agar kemeja cepat kering, saya membawanya ke dekat api.
会議におくれないように、早く家を出ましょう。
Agar tidak terlambat rapat, mari cepat berangkat.
Pelajaran 16-4「数が数えられるようになりました。」
Jadi bisa berhitung.
Pelajaran 20-3「経営学をべんきょうするために、来日しました。」
Saya datang ke Jepang untuk belajar ekonomi.
【V ように vs. V ために】
1. <Verb (potential form) + ように>
会話が覚えられるように、毎晩テープを聞きます。(×ために)
(I listen to the tape every night so that I can memorize dialogs) <Volitional Verb + ために> 会話が覚えられるために、毎晩テープを聞きます。(×ように) (I listen to the tape every night in order to memorize dialogs.) <Intransitive Verb + ように> いい学生が入るように、(大学は)むずかしいしけんをします。(×ために) (Colleges give difficult examinations so that good students would get in.) <Transitive Verb + ために> いい学生を入れるために、(大学は)むずかしいしけんをします。(×ように) (Colleges give difficult examinations in order to admit good students.) 2. When the subject of the subordinate clause is different from the subject of the main clause, only ~ように is used, regardless of the type of verb (e.g., volitional, nonvolitional, potential, negative.)
学生がわかるように、(先生は)れいをあげて、説明しました。(×ために)
(The teacher explained it by giving examples so that the students would understand.) 学生が毎日べんきょうするように、先生はしゅくだいをたくさんだします。(×ために) (The teacher gives a lot of assignments so that students will study every day.) |